Tips Memilih Tasbih Digital agar Labih Nyaman Digunakan

Tasbih digital merupakan alat pengingat jumlah hitungan dzikir kepada Allah SWT dan sholawat Nabi Muhammad SAW. Tasbih digital ini merupakan tasbih modern yang tidak kalah dengan tasbih konvensional seperti biji tasbih kayu kokka, tasbih batu giok, tasbih kayu cendana, dan lain sebagainya. Tasbih penghitung ini sangat bermanfaat untuk sarana beribadah dan sangat nyaman untuk digunakan saat di perjalanan atau ketika bersantai sambil melafadkan kalimat-kalimat tasbih utnuk beribadah kepada Allah SWT. Seiring dengan berkembangnya tekhnologi saat in, tasbih dibuat dalam bentuk website, aplikasi tasbih di Android dan aplikasi tasbih di iOS. Pemanfaatan tekhnologi yang baik memang sangat membantu, salah satunya adalah dengan memudahkan kita dalam hal beribadah.

Tips Memilih Tasbih Digital

Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli tasbih digital, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Cek Material yang Digunakan

Pengecekan material yang digunakan pada tasbih digital merupakan hal yang penting dilakukan. sebagian besar tasbih digital terbuat dari bahan plastic sehingga ringan dan memiliki harga yang terjangkau. Salah satu jenis plastic yang sering digunakan adalah jenis ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene). Bahan atau material ABS ini memiliki tingkat kekakuan yang tinggi serta terbilang tahan terhadap benturan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, apakah tasbih digital tersebut tahan air atau tidak. Agar tasbih lebih awet, sebaiknya tidak menggunakannya dalam keadaan tangan yang basah.

2. Cek Kelengkapan Fiturnya

Walaupun sama-sama tasbih digital, nyatanya  tiap produk memiliki fitur ekstra yang dapat semakin memberikan kemudahan dalam penggunaannya. Fitur utama dalam tasbih digital adalah penghitung cepat yang terintegrasi dengan tombola tau scroll. Selain itu, biasanya produknya dilengkapi dengan tombol riset untuk menghapus catatan hitungan terakhir. Sehingga lebih mudah mengulang hitungannya.

3. Cek Ukuran Tasbih Digital

Pilihlah ukuran tasbih digital yang mudah digenggam dan pas di jari. Pasalnya dengan ukuran yang pas, penggunaan tasbih digital akan lebih nyaman tanpa khawatir jari terasa pegal. Selai itu, cek ukuran layarnya, karena ukuran angka yang terlalu kecil akan terasa kurang nyaman.