Tips Sukses Mendampingi Anak Belajar Di Rumah

 

Apa saja yang perlu dilakukan orang tua untuk mendukung anaknya, bisa punya pendidikan yang sukses? Tentu saja menyekolahkan anak di tempat yang bagus belum cukup, harus didukung dengan kegiatan mendampingi anak belajar di rumah. Apa saja tips  mendampingi anak belajar di rumah yang bisa orang tua terapkan?

Tips Mendampingi Anak Belajar

Mendampingi anak belajar di rumah adalah kegiatan yang tidak bisa disepelekan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Sediakan Tempat Belajar yang Nyaman

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah memberikan tempat belajar yang nyaman bagi anak dengan suasana yang kondusif tentunya. Misalnya ruangan belajar memiliki pencahayaan yang cukup, baik cahaya dari luar maupun cahaya terang di dalam ruangan tersebut.

Didukung juga dengan sirkulasi udara yang baik untuk menjaga kesehatan anak, ditambah adanya perlengkapan belajar yang memadai dan kualitas internet yang baik.

2. Sesuaikan Gaya Belajar Anak

Tips mendampingi anak belajar di rumah berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menyesuaikan gaya belajar anak. Setiap anak pasti istimewa dan untuk gaya belajarnya akan berbeda dari satu anak ke anak lainnya.

Ada anak yang memiliki tipe pembelajar dengan fokus ke visual, di mana lebih suka mendapatkan informasi dengan gambar atau video. Ada juga sebagian anak tipe pembelajar auditori dimana lebih mudah menyerap informasi dengan suara atau ada pula tipe kinestetik. Semua ini wajib dipelajari orang tua agar tahu gaya belajar apa yang cocok dengan anak.

3. Buatkan Jadwal Anak

Untuk mendampingi anak orang tua juga wajib membuat jadwal. Jadwal ini tentu saja tidak hanya seputar jadwal belajar melainkan jadwal keseluruhan anak, sejak bangun pagi sampai tidur kembali di malam hari.

Pembuatan jadwal ini juga sangat bermanfaat agar anak disiplin dan punya manajemen waktu yang baik.

4. Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Kamu sebagai orang tua juga wajib memaksimalkan waktu bersama anak di saat mendampingi belajar ataupun di luar waktu tersebut. Misalnya setelah mendampingi anak belajar, orang tua bisa mengajak anak bermain bersama di pekarangan rumah ataupun mengajaknya nonton film favorit dan kegiatan lainnya.

Dampingi Anak Belajar dengan Pijar Belajar

Mendampingi anak belajar juga wajib memberikan dukungan dengan adanya platform edukasi untuk belajar online. Pijar Belajar bisa jadi salah satu platform terbaik, karena memberikan banyak manfaat dan sebagai suplemen tambahan untuk belajar di luar pelajaran di sekolah.

1. Apa Itu Pijar Belajar

Pijar Belajar merupakan sebuah peraturan edukasi di bawah naungan PT Telkom Indonesia yang dahulunya bernama IndiHome Study dan saat ini sudah melakukan rebranding. Pijar Belajar punya visi dan misi untuk mencerdaskan anak bangsa dan membantu pemerataan pendidikan di Indonesia.

2. Keunggulan Pijar Belajar

Pijar Belajar memiliki beberapa keunggulan dibanding platform edukasi lainnya seperti berikut.

  • Materi lengkap SD-SMP-SMA, materi yang dihadirkan sangat lengkap sesuai jenjang pendidikan SD sampai SMA. Kamu juga akan mendapatkan latihan soal dan video pembahasan tentunya dari setiap materi yang diberikan.
  • Harga terjangkau banget, untuk biayanya cukup murah jika dibanding dengan platform edukasi lainnya.
  • Start 10rb, kamu akan mendapatkan biaya berlangganan paket belajar dan akses ke fitur-fitur terbaik di Pijar Belajar dengan biaya mulai dari 10 ribuan.
  • Bisa diakses laptop dan smartphone, akses ke platform ini bisa dengan mendownload aplikasi terlebih dahulu dan bisa dibuka tidak hanya dengan laptop atau komputer/PC tapi juga lewat smartphone.

Sekarang tentu para orang tua sudah tahu bagaimana tips mendampingi anak belajar di rumah dengan mudah dan juga efektif. Lakukan download aplikasi pijarbelajar.id sekarang juga.