Daftar Oleh-oleh Khas Surabaya Terpopuler 2022

Surabaya termasuk salah satu kota terbaik di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi saat liburan sedang berlangsung. Selain itu ada banyak sekali pilihan oleh-oleh khas dan paket wisata Surabaya dari biro perjalanan yang siap membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Anda bisa puas berwisata kuliner, sejarah, hingga berbelanja di berbagai destinasi menarik yang ada di Surabaya. Namun semua itu belum lengkap jika Anda belum membeli oleh-oleh kekinian dari Surabaya untuk dibawa pulang.

Mulai dari oleh-oleh makanan hingga souvenir kerajinan tangan bisa Anda temukan di Surabaya dengan harga yang murah. Agar lebih memudahkan Anda dalam memilih mari simak beberapa rekomendasi oleh oleh khas Surabaya terbaik yang wajib Anda beli berikut ini.

Daftar Oleh-oleh Khas Surabaya Populer

1. Lapis Kukus Pahlawan

Berbeda dengan lapis tradisional, bolu lapis kukus Pahlawan Surabaya dijajakan ke dalam beberapa varian rasa. Misalnya saja; original, blueberry, cocopandan, serta keju. Harganya pun terjangkau, antara Rp30.000-Rp33.000/boks. Setiap bolu dikemas ke dalam kotak karton yang praktis untuk dibawa sebagai hantaran atau oleh oleh khas Surabaya.

Kue khas Surabaya ini terbuat dari bahan baku singkong dan tepung terigu yang diolah secara modern, lengkap dengan tambahan topping krim susu nan lembut dan parutan keju yang berlimpah. Bagi yang menyukai cita rasa otentik, bisa memilih varian original yang menggunakan lapisan berbahan dasar kuning telur, sehingga menghasilkan tekstur kek yang lembut dan legit.

Ada juga varian cocopandan dan coklat yang beraroma wangi dan bertekstur lumer pada bagian tengahnya, sehingga membuat ketagihan. Bagi penyuka rasa kekinian, ada varian teh hijau dan blueberry, sedangkan penyuka keju bisa memilih varian cheese yang berbahan dasar kuning telur dan campuran keju yang sangat banyak.

Kue yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Surabaya ini mampu bertahan hingga 2-3 pekan di suhu ruang. Satu boks bolu lapis Pahlawan Surabaya bisa dipotong-potong menjadi 16-20 bagian yang ideal untuk konsumsi 5-6 orang. Bolu yang dijual di Jalan Pasar Genteng Surabaya ini juga pas dijadikan teman minum teh atau kopi di pagi atau sore hari, maupu suguhan untuk para tamu yang bertandang ke rumah. Tertarik? Mampirlah ke Surabaya.

2. Batik Surabaya

Meski bukan termasuk kota penghasil batik, batik khas Surabaya memiliki keindahan dan keunikan yang membuatnya berbeda dengan batik lainnya. Motif batik Surabaya lebih melambangkan kekuatan dan kekayaan budaya kota Surabaya yang menjadi pusat perdagangan sejak zaman dulu.

Beberapa motif khas Surabaya seperti motif cheng ho, sawunggaling, mangrove dan ujung galuh menjadi motif yang cukup populer di masyarakat. Kebanyakan batik Surabaya ini dibuat melalui metode tulis dan cap dengan warna yang cerah sehingga lebih menarik.

Anda bisa mendapatkan kain batik tersebut di sejumlah toko souvenir khas Surabaya atau di pasar-pasar tradisional. Untuk harga batik Surabaya sendiri bervariasi mulai dari Rp25.000,00 per meter hingga ratusan ribu rupiah tergantung motif bahannya.

3. Siropen Telasih

Siropen Telasih merupakan merek sirup legendaris yang sudah ada di Surabaya sejak tahun 1923 hingga sekarang. Hal yang membuat sirup ini istimewa adalah sejarah dan proses pembuatannya yang tidak menggunakan pemanis buatan sama sekali.

Minuman ini dulunya hanya bisa dinikmati oleh bangsawan namun sekarang bisa lebih mudah didapatkan dengan beberapa pilihan sirup. Siropen Telasih Surabaya ini terbagi menjadi tiga jenis yakni sirup biasa, premium dan juga sirup gourmet yang khusus untuk restoran. Pilihan rasa yang tersedia juga beragam dengan total sekitar 30 pilihan rasa mulai dari rasa mawar, hingga jeruk keprok.

Untuk mendapatkan sirup ini Anda bisa mengunjungi pabriknya langsung di Jl. Mliwis daerah Krembangan Surabaya. Harga yang dibanderol juga bervariasi mulai dari Rp30.000,00 hingga Rp100.000,00 untuk sirup jenis gourmet.

4. Abon Sapi

Jika Anda ingin membawa buah tangan khas Surabaya yang tidak biasa, abon sapi Surabaya Padmosusastro bisa menjadi pilihan. Abon sapi disini memiliki ciri khas tekstur daging sapi yang lebih berserat dengan pilihan rasa manis dan pedas.

Selain dapat membeli langsung, di tempat ini Anda juga bisa melihat bagaimana proses pembuatan abon dilakukan hingga proses pembungkusannya. Harga yang dibanderol untuk abon sapi ini juga lebih murah dengan berbagai pilihan ukuran kemasan.

Abon Sapi Padmosusastro Bu Sarti misalnya dijual dengan harga mulai dari Rp25.000,00 hingga Rp300.000,00 sesuai ukurannya. Jika Anda tertarik tempat ini bisa Anda kunjungi dengan bantuan sopir dari tempat sewa innova venturer Surabaya yang siap mengantar.

5. Kopi Bandrek

Surabaya juga memiliki varian kopi yang cukup unik dan bisa Anda jadikan oleh oleh khas Surabaya yakni kopi bandrek. Sensasi hangat dari rempah-rempah yang digunakan untuk minuman bandrek bisa Anda rasakan di setiap tegukan kopi ini.

Bahan-bahannya sendiri terdiri dari kopi, gula putih, gula palem, krim nabati, jahe, kayu manis serta beberapa rempah lainnya. Untuk membuatnya pun tidak sulit karena sudah tersedia kemasan praktis siap seduh yang dijual di banyak tempat.

6. Oseng Tuna Asap

Terkenal sebagai daerah pesisir, ada banyak olahan ikan laut bisa Anda temukan di Surabaya seperti misalnya oseng tuna asap. Untuk membuatnya pertama ikan tuna yang sudah diasapi disuwir baru kemudian dioseng dengan bumbu khusus.

Namun sekarang Anda tidak perlu repot membuat sendiri karena sudah ada oseng tuna asap dengan kemasan praktis siap makan. Oseng tuna asap Otaji termasuk salah satu merek terbaik yang memiliki rasa masakan yang nikmat dan sering menjadi oleh oleh khas Surabaya.

7. Bandeng Asap

Bandeng asap termasuk salah satu makanan khas Surabaya yang sudah sangat terkenal dengan kenikmatannya. Rasa bandeng yang lembut semakin bertambah nikmat saat aroma asap yang khas tercium dari daging ikannya.

Ciri khas lain dari bandeng asap Surabaya ini adalah ikannya yang tidak memiliki tulang karena telah melewati proses pembersihan. Sehingga Anda tidak perlu repot lagi mengambil satu persatu duri ikan bandeng yang sangat banyak saat menyantapnya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi terbaik oleh-oleh kekinian khas Surabaya yang bisa Anda beli sebelum pulang. Selain souvenir dan oleh-oleh tersebut masih banyak barang lain yang bisa Anda pilih bersama rombongan saat berlibur ke Surabaya.