3 Manfaat Menabung Menurut Ajaran Islam, Apa Saja?

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai perihal manfaat menabung, ajaran menabung dan salah satu jasa layanan asuransi jiwa syariah terbaik. Sedangkan, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai tiga hal tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini. 

Manfaat Menabung 

Menabung menjadi satu hal yang penting, akan tetapi masih banyak juga yang lupa dengan kegiatan tersebut. Tanpa disadari, pada saat Anda melakukan menabung akan diberikan beberapa manfaat, yaitu: 

1. Mempunyai Dana Darurat 

Manfaat menabung yang pertama adalah memberikan antisipasi kebutuhan yang datang secara tidak terduga. Pada keuangan yang sehat, Anda perlu mempunyai dana darurat yang memadai. 

Besarnya untuk dana darurat di antara 6-12 kali dari nilai pengeluaran rutin secara bulanan. Jadi, untuk pengeluaran rutin Anda sekitar Rp5.000.000,00. Maka, diupayakan Anda mempunyai dana darurat minimal sebesar Rp30.000.000,00. 

Selain itu, dana darurat ini bisa membantu di saat terdapat kebutuhan muncul secara tidak terduga. Contoh beberapa kebutuhan darurat yang biasanya muncul adalah rumah bocor, anak sakit yang tidak ditanggung oleh Asuransi.

Maka dari itu, Anda  paling tidak mempunyai dana darurat atau mengikuti asuransi jiwa syariah. Dana darurat bisa dijadikan sebagai alat untuk meminimalisir terjadinya risiko terjebak pinjaman di kala muncul keperluan mendadak. 

Ada salah satu jasa layanan asuransi syariah yang dapat Anda pilih dan gunakan, yaitu Prudential Syariah. Prudential Syariah sendiri mempunyai banyak macam-macam jenis layanan asuransi syariah yang bisa dipilih oleh kalangan masyarakat. Sampai dengan saat ini juga sudah banyak dari kalangan masyarakat mengikuti jasa layanan asuransi syariah dari Prudential Syariah. 

2. Kebutuhan Terduga di Masa Mendatang 

Manfaat selanjutnya adalah untuk mengantisipasi berbagai kebutuhan terduga di masa yang akan datang. Contoh mudah dari manfaat satu ini adalah bila menyoal kebutuhan pokok seperti rumah. 

Setiap orang pasti ingin mempunyai rumah sesuai dengan impian. Namun, agar dapat mewujudkannya membutuhkan kegiatan menabung.

Contoh kebutuhan terduga lainnya, yaitu anak sekolah, liburan dan mudik lebaran. Untuk kebutuhan terduga ada yang harus dipenuhi di dalam jangka pendek dan juga panjang. 

Kebutuhan yang muncul pada 5 tahun mendatang, Anda perlu melakukan menabung dana di instrumen investasi agar bisa mengantisipasi terjadinya laju inflasi jangka panjang. Dengan begitu, dana yang ditabung memadai di dalam membiayai keperluan di masa depan. 

3. Keamanan Finansial 

Mempunyai tabungan dan asuransi jiwa syariah ini bisa menempatkan Anda selangkah lebih maju dari zona aman finansial. Seorang yang mempunyai tabungan ini akan lebih tenang di dalam menghadapi berbagai peristiwa di masa depan yang sekiranya membutuhkan biaya. 

Selain itu, tabungan ini bisa menjadi sumber dana untuk menutup kebutuhan secara mendadak. Sebaliknya, bila tidak mempunyai tabungan sama sekali keadaan keuangan Anda beresiko terpapar masalah finansial kapan saja. 

Misalnya, ketika tiba-tiba ada kebutuhan mendadak yang harus segera ditutup dan tidak mempunyai tabungan. Kemungkinan besar Anda akan melirik pada pinjaman atau hutang untuk menutup kebutuhan tersebut. Hal tersebut dilakukan karena membutuhkan dana cepat. Anda juga melakukan hal tersebut karena terpaksa, meski bunga yang diberikan sangat mahal. 

Ajaran Menabung dalam Islam 

Islam merupakan agama yang mengajarkan umatnya untuk mengatur keuangan dengan senantiasa berhemat dan membelanjakan uang seperlunya. Di dalam islam juga diajarkan agar Anda senantiasa menabung untuk masa depan. 

Menabung merupakan kegiatan menyisihkan atau menyimpan sebagian dari penghasilan untuk masa depan. mengatur keuangan menjadi mudah ketika sudah dilakukan secara terbiasa. Ada beberapa ajaran menabung di dalam islam harus dilakukan, yaitu: 

1. Bekerja yang Halal 

Penghasilan dari bekerja atau usaha yang halal ini jauh lebih baik dibandingkan kegiatan haram. Selain itu, uang yang berasal dari usaha yang haram ini sering disebut dengan uang haram. 

Bahkan, untuk uang yang haram ini tidak akan pernah bisa ditabung atau disimpan untuk jangka waktu panjang. Uang haram tidak mempunyai keberkahan dan tidak dirahmati oleh Allah SWT. maka dari itu, uang haram tidak akan pernah bisa ditabung. 

2. Menyisihkan Sebagian Rezeki untuk Menabung 

Menyisihkan sebagian rezeki untuk menabung atau mengikuti asuransi jiwa syariah memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaat yang didapatkan adalah untuk berjaga-jaga apabila Anda mengalami musibah dan membutuhkan banyak biaya.

Anda tidak pernah tahu masa depan dan tidak akan tahu kapan berada di atas maupun di bawah. maka dari itu, Rasulullah mengajarkan umatnya supaya menyisihkan sebagian rezeki yang Anda miliki pada saat miskin dan membutuhkan. 

3. Menghindari Berhutang 

Di saat keadaan darurat sekalipun, Anda tidak disarankan untuk melakukan hutang. Di dalam islam juga sudah dianjurkan, Anda tidak berhutang apabila tidak benar-benar berada di keadaan darurat atau mendesak. Akan tetapi, memang terpaksa untuk berhutang. Maka, orang yang berhutang berkewajiban untuk mengembalikan uang yang telah dipinjam. 

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai perihal menabung dan layanan asuransi jiwa syariah. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin mendapatkan kondisi keuangan di masa depan secara baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *