Mengetahui Hal-hal Apa Saja yang Ada Didalam Simulasi Kredit Mobil

Pembelian kendaraan yaitu mobil secara tunai memang terasa berat bagi sebagian orang. Hal inilah yang kemudian membuat mereka banyak melakukan pembelian sistem kredit atau cicilan, karena memang terasa lebih meringankan. Bahkan jika dilihat di Indonesia sendiri memang cukup banyak lembaga pembiayaan yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan ketika ingin mengajukan kredit tersebut. namun pastinya setiap lembaga pembiayaan punya aturan yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Penting juga bagi Anda untuk mengecek simulasi kredit mobil mereka sebelum memilih.

Mengetahui gambaran simulasi kredit ini memang penting, paling tidak Anda akan tahu manakah antara satu lembaga pembiayaan dengan yang lainnya yang menawarkan bunga lebih ringan. Selain itu adanya simulasi ini juga akan memberikan gambaran berapa kira-kira nilai cicilan yang harus dibayarkan berdasarkan jangka waktu atau tenor yang dipilih tersebut. Sehingga nantinya Anda juga dapat mulai mengkalkulasikan dan menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang dimiliki saat ini, apakah memang sanggup untuk melakukan kredit ataukah tidak.

Patut diketahui juga bahwa pada dasarnya ada beberapa hal di dalam simulasi kredit mobil ini yang wajib diketahui, yaitu:

  1. Down payment, istilah lainnya adalah uang muka atau DP, ini adalah uang awal yang Anda bayarkan ketika ingin membeli sistem kredit. Patut untuk diketahui bahwa besaran nilai uang muka tersebut sangat berpengaruh terhadap sisa hutang yang Anda miliki. Jadi semakin besar uang muka atau DP yang Anda bayarkan secara otomatis nantinya hutang akan jadi lebih ringan atau kecil. Membuat cicilan Anda juga jadi semakin kecil nilainya, begitu juga sebaliknya. Namun belakangan ini juga ada banyak lembaga pembiayaan yang menawarkan kredit mobil dengan DP 0 persen. Namun ada juga yang meminta DP minimal sebesar 20 persen dari harga kendaraan.
  2. Tenor, istilah lainnya adalah jangka waktu yang diberikan oleh bank atau lembaga pembiayaan kepada nasabah untuk melunasi pinjaman tersebut. Pada dasarnya pemilihan tenor ini dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Karena semakin panjang tenor yang diberikan maka nilai cicilan nantinya akan jadi semakin ringan, begitu juga sebaliknya ketika tenor yang dipilih pendek, maka cicilan jadi semakin besar. Namun sebanding dengan hal tersebut nantinya hutang akan jadi lebih cepat lunas.
  3. Bunga, bunga yang dibebankan oleh bank kepada debitur mereka berbeda-beda, ada yang jumlahnya kecil, namun juga ada yang besar. Patut diketahui bahwa semakin besar suku bunganya maka akan semakin membebani nasabah, begitu juga sebaliknya. Jenis bunga yang diberikan juga berbeda-beda ada yang bunga flat atau tetap, suku bunga fixed dan masih banyak lagi. Alangkah baiknya memilih lembaga pembiayaan yang menawarkan bunga rendah, sehingga tidak akan terasa terlalu membebani Anda.

Sebagai calon debitur maka Anda harus cerdas sebelum memutuskan untuk ambil kredit untuk membeli mobil. Carilah lembaga pembiayaan yang terpercaya serta menawarkan bunga yang ringan seperti dari bank BCA. Salah satu bank swasta terbesar yang ada di Indonesia, simulasi kredit mobil dari BCA ini dapat Anda cek langsung lewat website resminya. Selain produk kredit untuk membeli kendaraan sebenarnya masih banyak lagi jenis pinjaman lain yang ditawarkan oleh perbankan tersebut, mulai diantaranya adalah Kredit Tanpa Agunan, Kredit Multiguna, Kredit Pemilikan Rumah dan sebagainya, bunga yang diberikan juga terbilang rendah.

Sumber : https://www.bca.co.id/id/Individu/produk/pinjaman/KKB/Simulasi-KKB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *