Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bisnis Kontrakan

Banyak masyarakat yang saat ini mulai tertarik memulai bisnis kontrakan. Bisnis yang satu ini memang terlihat cukup menjanjikan. Namun perlu diketahui bahwa bisnis kontrakan membutuhkan modal yang cukup besar. Hal ini tentunya sepadan dengan keuntungan yang nantinya akan didapatkan. Salah satu lokasi strategis untuk membuat bisnis kontrakan adalah di Jatiasih. Tidak heran mengapa ada banyak pilihan kontrakan Jatiasih yang bisa dipilih bagi para penyewa.

Sebelum terjun untuk memulai bisnis ini, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat bisnis kontrakan. Menjalankan bisnis ini tidak boleh sembarangan dilakukan, karena bisa berpotensi mengalami kerugian. Pastinya Anda sudah tahu bahwa setiap jenis bisnis memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing.

Hal ini juga berlaku saat anda memulai bisnis kontrakan. Untuk meminimalisir adanya kerugian tersebut. Anda harus memperhatikan beberapa hal yang ada di bawah ini terlebih dahulu dan dapatkan keuntungan maksimal.

1. Bangunan Kontrakan Harus di Lokasi Strategis

Hal yang harus diperhatikan adalah pertama, mengenai lokasi kontrakan itu sendiri. Agar keuntungan yang anda dapatkan bisa semakin meningkat, maka pilihlah di tempat yang strategis. Anda bisa membangun kontrakan di area strategis seperti dekat dengan pabrik, kampus dan lain sebagainya.

Bangunan yang berada di tempat strategis pastinya akan banyak dicari oleh masyarakat. Selain memiliki akses transportasi yang mudah, lokasi strategis ini juga dapat menjangkau fasilitas publik dengan jarak yang cukup dekat. Khususnya di kota-kota besar, pastinya kontrakan di lokasi strategis memiliki harga sewa yang jauh lebih tinggi.

2. Melakukan Riset Harga Kontrakan Sekitar

Jangan sampai bisnis kontrakan yang anda miliki menjadi sepi karena menawarkan harga sewa yang tinggi. Setiap penyewa pastinya akan mencari kontrakan dan akan membandingkan kontrakan satu dengan lainnya. Jika Anda menawarkan harga yang terlalu tinggi, memungkinkan calon penyewa akan memikirkan mau menyewa di tempat anda atau tidak.

Sebelum menentukan harga sewa kontrakan, lebih baik anda melakukan riset harga kontrakan yang ada di sekitar lingkungan tersebut. Jika memang kontrakan anda memiliki desain yang bagus dan fasilitas mumpuni, maka bisa memberikan penawaran harga yang lebih tinggi. Pastikan harga yang anda tawarkan masih wajar.

3. Perhatikan Kondisi Bangunan Kontrakan

Kondisi bangunan kontrakan menjadi salah satu hal yang dapat menentukan harga sewanya. Jika kondisi bangunan yang tidak terawat dengan baik dan banyak kerusakan, sudah pasti harga sewanya akan murah. Bahkan kondisi bangunan seperti ini juga menjadi banyak penyewa yang kurang tertarik untuk menyewa kontrakan Anda.

Berbeda halnya jika kondisi bangunan yang terawat, bersih dengan fasilitas yang mumpuni. Sudah pasti banyak masyarakat yang tertarik untuk menyewanya. Nantinya bangunan kontrakan yang bagus seperti ini berpotensi harga sewanya akan semakin meningkat.

Untuk itu rawat dengan baik bangunannya, bahkan buatlah desain yang lebih modern agar menjadi daya tarik bagi penyewa. Semakin bagus kualitas bangunan kontrakan, semakin tinggi pula harga sewanya.

4. Menyiapkan Dana Resiko

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah mempersiapkan dana resiko. Bangunan kontrakan bisa saja mengalami kerusakan akibat faktor lingkungan ataupun karena ulah penyewa terdahulu. Agar bisnis kontrakan anda banyak diminati masyarakat, sudah seharusnya merenovasi kerusakan ini, sehingga bangunan tetap dalam kondisi yang baik.

Untuk itu Anda harus selalu siap sedia dana melakukan renovasi. Apabila renovasi yang dilakukan cukup banyak, maka dana yang dikeluarkan juga akan lebih besar. Akan lebih memudahkan anda jika sudah mempersiapkan dana renovasi ini. Anda tidak lagi perlu memikirkan dana untuk melakukan renovasi karena sudah terlebih dahulu dipersiapkan.

5. Selektif Memilih Penyewa

Selain memperhatikan mengenai bangunan kontrakan, anda juga perlu lebih hati-hati dalam memilih penyewa. Tidak sedikit ditemukan penyewa yang kurang bertanggung jawab dan nantinya penyewa ini bisa membuat bisnis kontrakan anda semakin merugi. Biasanya penyewa seperti ini akan membuat banguanan kontarakan mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan seperti ini, pastinya anda yang akan melakukan renovasi bukan? untuk itu anda harus lebih selektif dalam memilih penyewa. Mintalah data penyewa secara lengkap dan juga ketahui asal usul penyewa sebelum menempati kontrakan. Kemudian buatlah surat perjanjian agar penyewa bisa bertanggung jawab jika terdapat perabotan yang rusak.

Itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan saat bisnis kontrakan. Menjalankan bisnis ini bisa gampang-gampang susah untuk dilakukan. Selama Anda melakukan beberapa hal di atas, memungkinkan akan mendapatkan keuntungan yang maksimal dan mendapatkan penyewa yang bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *